Fakta tentang diet DEBM

Ada banyak jenis diet untuk menurunkan berat badan. Diet yang saat ini populer adalah diet DEBM. Diet ini mengklaim bisa menurunkan berat badan hingga 2 kilogram (kg) hanya dalam satu minggu. Bukan hanya itu. Padahal, orang yang mengikuti diet ini tetap bisa makan enak kapan saja tanpa harus berolahraga.

Penasaran ingin mencoba? Tunggu! Lihatlah berbagai fakta tentang diet DEBM berikut ini.
Apa diet DEBM?

Fakta tentang diet DEBM

Diet DEBM adalah perpanjangan dari diet Happy Tasty Fun. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert, panggilan akrabnya, bukan seorang dokter, ahli gizi atau staf medis lainnya. Namun, saran diet yang berhasil dipicu telah secara drastis menurunkan berat badan banyak orang.

Mengutip hasil wawancara yang dilakukan oleh Tempo, Robert sendiri menyatakan bahwa ia mampu mengurangi puluhan kilogram berat badannya setelah bergabung dengan diet DEBM. Beberapa tahun yang lalu, berat badan Robert naik dari 78 kilogram menjadi 107 kilogram. Tetapi setelah mengikuti metode diet ini, beratnya turun menjadi 75 kilogram.

Berbekal pengetahuan tentang hasil berselancar di dunia maya dan pengalaman pribadinya, Robert telah memberanikan diri untuk berbagi saran suksesnya dalam mengurangi berat badan di media sosial. Tanpa diduga, metode diet yang dilakukannya benar-benar mendapat respons yang sangat positif. Banyak orang mengklaim telah berhasil menurunkan berat badan bahkan dalam waktu singkat.

Karena popularitasnya, para pengikut diet di media sosial memiliki lebih dari 500 juta orang. Bahkan, buku tentang diet ini yang ditulis Robert sudah dicetak ulang sebanyak 4 kali.
Rendah karbohidrat tetapi kaya protein dan lemak

Tidak seperti metode diet lainnya, DEBM memungkinkan Anda makan dengan baik kapan saja tanpa dipaksa berolahraga. Ya, metode diet ini tidak akan membiarkan pelakunya celaka untuk menahan rasa lapar.

Sebaliknya, diet diberikan kebebasan untuk makan makanan favorit yang mereka inginkan. Namun, tentu saja, jenis makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan prinsip-prinsip diet DEBM, yang rendah karbohidrat dan tinggi protein dan lemak.

DEBM percaya bahwa karbohidrat adalah salah satu penyebab seseorang menderita obesitas, yang dikenal sebagai obesitas. Ini karena karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang mendatangkan banyak kalori, terutama jika Anda terlalu banyak mengonsumsi.

Semakin banyak karbohidrat yang Anda makan, semakin banyak kalori yang Anda miliki dalam tubuh Anda. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak melakukan banyak aktivitas fisik, lama-kelamaan akumulasi kalori dalam tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badan. Inilah sebabnya, diet ini menekankan pengurangan asupan karbohidrat seminimal mungkin.

Untuk memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapat dari karbohidrat, pelaku diet diminta untuk mengonsumsi makanan tinggi protein hewani di pagi dan sore hari. Sangat menarik untuk dicatat bahwa diet ini tidak mencegah konsumsi makanan berlemak tinggi. Dengan demikian, bahkan makanan yang digoreng dapat dikonsumsi selama diet ini.

Tidak hanya itu, diet ini tidak melarang penggunaan aroma seperti garam dan vitamin (mecin / MSG).
Makanan yang direkomendasikan dan ditantang

Larangan terbesar dari diet ini adalah gula, baik itu gula murni atau gula dalam bentuk lain seperti madu, kecap, atau buah dan sayur. Secara umum, berikut adalah beberapa batasan diet untuk diet DEBM:

Nasi, pasta, sereal, pasta, roti, dan makanan bertepung lainnya
Pemanis seperti gula, madu, dan sirup maple
Minuman manis atau minuman manis seperti soda, teh manis, susu cokelat atau jus buah
Sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi jalar, labu dan bit
Buah-buahan yang kaya karbohidrat seperti pisang, pepaya, melon dan semangka

Sementara jenis makanan berikut direkomendasikan selama diet DEBM:

telur
Semua jenis ikan, terutama ikan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna
Daging sapi dan unggas
Susu dan produk susu seperti yogurt, keju, krim dan mentega
Sayuran yang tidak mengandung pati tinggi seperti wortel, kembang kol, kacang-kacangan, brokoli dan sayuran hijau lainnya.
Buah yang kaya lemak seperti alpukat

Apa perbedaan antara diet ini dan diet keto?

Jika dilihat berdasarkan aturan, diet ini sekilas mirip dengan diet keto. Beberapa metode mungkin serupa, tetapi banyak metode yang tidak serupa dengan diet keto.

Dalam diet keto ada pedoman atau standar mengenai asupan lemak yang disarankan. Misalnya, diet keto mengharuskan pelakunya untuk mengonsumsi 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Sedangkan diet DEBM tidak mengharuskan pelakunya mengonsumsi banyak lemak. Yang paling penting adalah asupan protein hewani.

Baca juga :